Kenapa Belajar Inggris Susah?

         Sudah jadi bahasa universal, tidak asing lagi kalau kita mendengar orang-orang berbincang dengan Bahasa Inggris yang fasih. Namun untuk sebagian orang Indonesia, Bahasa Inggris masih sulit untuk dipelajari walau sebagian besar sekolah sudah mengharuskan adanya pelajaran Bahasa Inggris. Kenapa ya?

  1. Tata Bahasa Inggris Diajarkan dengan Metode Rumus
        Di Indonesia, yang pada umumnya diutamakan saat belajar Bahasa Inggris adalah mengingat rumus tata bahasa. Contohnya, untuk Present Tense rumusnya adalah Subject + is/are/am + Verb(ing) + Object. Bukan cara yang sepenuhnya salah, metode ini sangat membantu struktur berbahasa dari Bahasa Indonesia untuk diubah ke Bahasa Inggris.
        Namun cara ini tidak cukup untuk membantu berbahasa Inggris yang fasih. Kenapa gitu? Mari kita lanjut ke poin berikutnya.

  2. Dipelajari dan Tidak Digunakan
        Seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, metode belajar tata bahasa Inggris dengan rumus bukan metode yang paling optimal untuk meningkatkan kefasihan berbahasa Inggris. Dengan cara ini, Bahasa Inggris jadi hanya dipelajari tetapi tidak digunakan. Waktu belajar inggris banyak terbuang hanya untuk menghafal rumus tata bahasa. Banyak keluhan ketika belajar Inggris adalah tidak berani untuk berkomunikasi karena takut membuat kesalahan berbahasa.
  3. Saat mau dipakai, timbul rasa minder dan takut cara bicara salah
    Daripada salah, mendingan ga usah ngomong deh. Aduh, belajar sih udah tapi grammar yang harus dihafalin banyak banget jadi lama kalo mau keluarin kata-kata. Sering terlintas pikiran-pikiran berikut di otak kita ketika harus berkomunikasi dengan Bahasa Inggris walaupun sudah belajar lama. Ini termasuk faktor yang menghambat perkembangan kita lho.

         Walaupun sudah diakui sebagai bahasa universal, sayangnya masih banyak masyarakat Indonesia yang menghadapi kesulitan belajar berbahasa Inggris — secara aktif maupun pasif. Nah, bagaimana caranya untuk mempermudah belajar Bahasa Inggris tanpa harus melewati kendala-kendala yang baru saja dibahas?

  1. Ubah bahasa penggunaan dalam aplikasi handphone ke Inggris
        Perubahan yang kecil tapi efektif bisa kamu manfaatkan untuk mengasosiasi Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah mengubah bahasa dalam aplikasi di HP yang lumayan sering digunakan ke Bahasa Inggris (tip: kata-kata yang kurang dimengerti tinggal kamu cek artinya di kamus U-Dictionary!).
  1. Nonton film dan dengar lagu berbahasa Inggris
        Satu lagi aktivitas yang disukai banyak orang dan bisa digunakan untuk membantu belajar Inggris tanpa ribet. Hampir setiap harinya kita mendengar musik, diantaranya termasuk lagu-lagu barat. Menonton film barat juga salah satu hobi yang bisa membantu latihan Inggris lho. Dengan cara ini, lambat laun pendengaran kita akan terbiasa mendengar Bahasa Inggris.
  1. Menulis menggunakan Inggris

    Buat kalian yang hobi menulis, ini kesempatan untuk latihan writing skill kalian. Secara perlahan coba mulai menulis puisi, prosa, kutipan, dll, dengan Bahasa Inggris. Tidak perlu tergesa-gesa untuk bisa menulis lancar menggunakan Inggris, dan untuk kalian yang tidak hobi menulis masih ada cara lain yaitu melalui kebiasaan kecil. Contohnya, menulis daftar belanja bulanan, jadwal sehari-hari, memo, dan banyak lainnya.

         Sekarang sudah tau kan cara-cara mudah dan tanpa ribet untuk membantu latihan Inggris-mu? Mengasosiasikan Bahasa Inggris pada kegiatan sehari-hari bermanfaat bagi perkembangan kefasihan bahasa. Dengan cara-cara yang sudah kita bahas dan juga bantuan fasilitas U-Dictionary, dijamin Inggris kalian pasti bisa lancar!

Look forward to your reply!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top